PRT KMDM Gandeng Pusat Tanggap Bencana Unand, Program Jumat Berkah Sasar Santri TPA

oleh -101 views
Penyelenggaraan Jumat Berkah PRT KMDM. Paket Sedekah Pangan plus didistribusikan untuk para Santri TPA di Masjid Al-Wathan dan Mushalla Al-Jadid yang berada di Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, pekan lalu.

PADANG, SR–Koperasi Mandiri dan Merdeka (KMDM) melalui unit usaha Pasar Rabu Tani (PRT) rutin menyelenggarakan Program Jumat Berkah. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menghimpun donasi dana segar dari para donatur baik dari internal atau Anggota KMDM dan eksternal atau Non-Anggota KMDM yang tersebar di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan daerah lainnya di Indonesia, bahkan di luar negeri.

Setelah dana terhimpun, Tim Manajemen Program Jumat Berkah dari PRT KMDM membelanjakan hasil donasi tersebut, untuk bahan pangan segar dan sehat serta tambahannya dari para produsen baik petani, peternak, dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Padang dan sekitarnya yang selama ini menjadi pemasok PRT.

Paket Sedekah Pangan plus tersebut kemudian didistribusikan kepada anak-anak di berbagai panti asuhan, rumah tahfidz, sekolah, masjid/mushola, dan sebagainya di Kota Padang.

Pada hari Jumat, 13 November 2020 lalu, adalah pekan ke 10 penyelenggaraan Jumat Berkah PRT KMDM. Paket Sedekah Pangan plus didistribusikan untuk para Santri Taman Pendidikan Al Quran (TPA) di Masjid Al-Wathan dan Mushalla Al-Jadid yang berada di Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Pemilihan lokasi tersebut didasarkan pada pertimbangan karena berada di lingkungan terdekat dari Kampus Universitas Andalas (Unand) dan Kantor KMDM sekaligus Gudang PRT. Direncanakan kegiatan ini diselenggarakan dan dilanjutkan ke wilayah lainnya, sebagai bentuk kepedulian sosial yang diperluas sekaligus pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan.

Pada kesempatan itu, KMDM berkolaborasi dengan Tim Pusat Tanggap Bencana (PTB) yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unand.

Sebelum pendistribusian Paket Sedekah Pangan oleh PRT KMDM, terlebih dahulu dilaksanakan Kegiatan Edukasi Penerapan Kebiasaan New Normal untuk para Santri. Materinya, pengenalan pandemi Covid-19 dan langkah pencegahannya, praktik mencuci tangan sesuai protokol kesehatan, cara memakai masker sesuai protokol kesehatan, dan motivasi untuk menerapkan cara dan gaya hidup sehat.

Baca Juga: Kata Mahyeldi, Sektor Pertanian dan UMKM Bisa Tekan Angka Kemiskinan

Penyerahan donasi sejumlah 114 paket Sedekah Pangan plus untuk para Santri TPA dan 10 paket untuk para Guru di TPA-TPA tersebut. Tambahan Paket Sedekah Pangan yang didistribusikan adalah lima kilogram kurma, tujuh botol sabun cuci tangan, enam spanduk Edukasi Covid-19, dan 114 masker kain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *