Puluhan Tahun Jalan Tanah, Akhirnya Jalan Penghubung Antar Dua Jorong di Lintau Buo Utara Tanah Datar Bakal Diaspal

oleh -
Bupati Tanah Datar Eka Putra, Rabu (6/10) saat meninjau ruas jalan Jorong Padang Laweh dan Jorong Cubadak Randah di Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara. [humas tanah datar]

TANAHDATAR, SR – Dua ruas jalan yang menghubungkan Jorong Padang Laweh dan Jorong Cubadak Randah di Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara bakal dilakukan pengaspalan.

Hal itu diungkapkan Bupati Tanah Datar Eka Putra, Rabu (6/10) saat meninjau ruas jalan tersebut.

“Rencana pengaspalan jalan itu pada tahun 2022 yang sumber dananya berasal dari anggaran pusat. Kita sudah usulkan, dan insyaallah kita mendapatkan bantuan dana APBN untuk mengaspal jalan sepanjang 2.5 km tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: Besok, Seluruh Fasyankes di Padang Panjang Laksanakan Pelayanan KB Gratis

Eka Putra menyampaikan, jalan ini sudah ada sejak puluhan tahun silam, namun hingga hari ini masih jalan tanah dan belum diaspal.

“Ini jalan usaha tani yang selama ini dimanfaatkan masyarakat, selain itu jalan ini juga sebagai sarana pendukung pendidikan dari Tabek Akiang (jorong Padang Laweh) yang tembus sampai ke SMAN 1 Lintau yang ada di jorong Cubadak Randah,” jelasnya.

Oleh karena itu jika sudah diaspal jalan ini akan memperpendek jarak anak-anak yang akan pergi ke sekolah. Saat ini untuk ke sekolah, mereka harus berputar jauh melewati Masjid Raya Tanjung Bonai.

Dijelaskan Bupati, selain dimanfaatkan sebagai jalan usaha tani dan sarana pendukung pendidikan, disini juga banyak peternak ayam dan perkebunan warga setempat.

“Selama ini transportasi mereka terkendala karena kondisi jalan ini rusak berat, jika terjadi hujan aspalnya lunak (berlumpur) sehingga masyarakat yang memanfaatkan jalan ini menemui banyak kesulitan mengangkut hasil kebun dan peternakannya,” terangnya.

Tak hanya itu, akibat dari rusaknya jalan ini juga berbuntut dengan turunnya harga hasil perkebunan warga serta meningkatkan biaya operasional.

“Kita harap nanti kalau jalan sudah diperbaiki (diaspal), maka seluruh aktivitas masyarakat yang menggunakan jalan ini akan lancar dan berdampak pada peningkatan ekonomi,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.