Rabu, 24 Mei 2023, Fernando Jongguran Simanjuntak Dilantik jadi Pj Bupati Kepulauan Mentawai

oleh -
Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo

PADANG, Suararantau.Com–Menteri Dalam Negeri (Mendagri) memutuskan tidak memperpanjang jabatan Penjabat (Pj) Bupati Mentawai, Martinus Dahlan dan mengganti dengan pejabat baru yang didatangkan dari pemerintah pusat.

“SK (Surat Keputusan) penunjukan Pj Bupati Mentawai sudah kita terima melalui Badan Penghubung di Jakarta. Berdasarkan SK itu, Mendagri menunjuk Fernando Jongguran Simanjuntak, SSt. Pi, M.Si sebagai Pj Bupati Mentawai,” kata Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo di Padang, Selasa (23/5).

Pj Bupati Mentawai yang ditunjuk tersebut merupakan Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT).

Baca Juga: Anggota DPRD Padang Budi Syahrial Sesalkan Wali Kota Copot Kepala Dinas Pertanian Jelang Penas KTNA ke-XVI

Doni mengakui nama yang ditunjuk oleh Mendagri tersebut adalah nama baru, tidak masuk dalam daftar nama yang diusulkan oleh Pemprov Sumbar maupun DPRD Kepulauan Mentawai.

“Pemprov Sumbar mengusulkan tiga nama demikian juga DPRD Kepulauan Mentawai. Namun Mendagri memutuskan menunjuk nama lain, mungkin ada pertimbangan lain,” katanya.

Ia menyebut setelah menerima SK Pj Bupati Mentawai itu, Pemprov Sumbar langsung memproses dan mempersiapkan pelantikan yang direncanakan, Rabu, (24/5). “Kita siapkan pelantikan. Undangan sudah ditandatangani oleh Gubernur,” katanya.

Menjelang pelantikan, dari 22 Mei hingga 24 Mei 2023, Kabupaten Mentawai dipimpin oleh Pelaksana harian (Plh) bupati yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) Martinus Dahlan.

Pada 2022, Mendagri menunjuk Sekda Mentawai Martinus Dahlan sebagai Pj Bupati sesuai SK Mendagri Nomor 131.13-1221 Tahun 2022 tanggal 13 Mei 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai Provinsi Sumbar.

Sesuai SK tersebut masa jabatan penjabat Bupati Kepulauan Mentawai hanya berlaku satu tahun sejak pelantikan. Hal itu sejalan dengan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Jabatan Pj Bupati Mentawai itu berakhir pada 22 Mei 2023 dan akan diperpanjang selama satu tahun dengan orang yang sama atau bisa dengan pejabat yang berbeda.(sar)

No More Posts Available.

No more pages to load.