Rencana Pengaktifkan Kereta Api di Tanah Datar, Wabup: Berdampak Kepada Peningkatan Ekonomi dan Pariwisata

oleh -
Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian saat berdiskusi dengan Komisaris KAI, Cris Kuntandi. [prokopim setda tanah datar]

TANAHDATAR, SR – Rencana PT KAI Regional (Divre) II Sumatera Barat (Sumbar) mengaktifkan kembali jalur kereta api disambut baik Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Jika rencana KAI menghidupkan kereta api yang melewati wilayah Tanah Datar ini benar-benar terealisasi tentu akan berdampak kepada peningkatan perekonomian masyarakat,” ujar Wakil Bupati Richi Aprian, Kamis (23/9) saat bersilaturahmi dengan Komisaris KAI, Cris Kuntandi dan jajaran.

Disebutkannya, sekaitan dengan rencana ini, Pemkba Tanah Datar akan membuka pintu selebar-lebar, apalagi ini melewati wilayah Tanah Datar.

Baca Juga: High Level Meeting TPID Sumbar, Ini Strategi dan Inovasi Pengendalian Inflasi di Sumbar

“Adanya kereta api tentunya akan memudahkan masyarakat dalam pendistribusian barang dan tentu berdampak juga ke pariwisata,” katanya.

Selain itu, ia berharap aset milik PT KAI yang berada di Tanah Datar dapat dikerjasamakan sekaitan pemanfaatannya dengan Pemda.

“Kami akan sangat berterima kasih jika aset PT KAI yang berada di Tanah Datar dapat dikerjasamakan pengelolaannya dengan Pemda Tanah Datar, namun jika tidak, kami akan bantu dan upayakan bagaiman aset PT KAI dapat termanfaatkan dan terjaga dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, Komisaris PT KAI Cris Kuntadi mengatakan rencana re-aktivasi jalur kereta api itu memang ada dan yang paling realistis pada tahun ini.

“Tidak tertutup kemungkinan bisa mencapai di Nagari Batu Taba Batipuh Selatan. Untuk awal ini, baru di Kota Sawahlunto ke Muaro Kalaban karena keterbatasan anggaran. Dan, tentu
kami mendukung niat baik Pemkab Tanah Datar meningkatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (imk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.