Resmi Diluncurkan, Simak Cara Membeli Meterai Elektronik

oleh -
Tangkapan layar laman website e-meterai atau meterai elektronik. [ist]

SuaraRantau.com – Kini meterai tidak hanya berupa fisik yang ditempelkan sebagai pelengkap dokumen yang membutuhkan meterai. Namun kini sudah hadir meterai elektronik yang juga dapat digunakan masyarakat. Meterai biasa dan e-meterai memiliki fungsi yang sama.

Tetapi saat ini penggunaannya belum diberlakukan secara luas alias terbatas.  Uji coba bakal dilakukan pada dokumen elektronik yang diterbitkan oleh lima BUMN. Mereka adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN, dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Nantinya, para perusahaan bisa mengakses meterai elektronik untuk dibubuhkan ke dokumen elektronik yang mereka terbitkan melalui portal e-meterai yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.

Sebelumnya, pemerintah telah resmi meluncurkan meterai elektronik, Jumat (1/10).

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani mengatakan dalam kurun waktu hampir satu tahun ini, Dirjen Pajak menyiapkan seluruh kesiapan dari sisi teknikal maupun dari sisi aplikasi bekerja sama dengan Perum Peruri untuk dapat mewujudkan apa yang disebut dengan e-meterai atau meterai elektronik.

Baca Juga: Resmi Diluncurkan, Ini Bentuk dan Ciri Meterai Elektronik

“Hari ini, alhamdulillah bisa meluncurkan secara resmi apa yang disebut meterai elektronik atau e-meterai,” ungkapnya dikutip dari website resmi Perum Peruri.

Untuk membeli meterai elektronik dapat dilakikan melalui laman website resmi e-meterai https://pos.e-meterai.co.id dengan membuat akun pada laman tersebut terlebih dahulu.

Cara pembelian dan penggunan meterai elektronik,

1. Buka pos.e-meterai.co.id. dan buat akun bila Anda belum memiliki akun. Bila sudah memiliki akun, Anda tinggal Log In dengan memasukkan e-mail dan kata sandi yang sudah didaftarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.