Sasaran Vaksin Covid-19 di Sumbar Capai 37 Ribu, Dinkes Butuh 1.717 Tenaga Vaksinator

oleh -
Sekdaprov Sumbar, Alwis bersama Kepala Dinkes Provinsi Sumbar, Arry Yuswandi dan dokter serta tenaga kesehatan, saat pencanangan suntik vaksin Covid-19 Sinovac perdana di Sumbar dilaksanakan, Kamis (14/1) di Aula Kantor Gubernur Sumbar

PADANG, SR–Setelah pencanangan suntik vaksin Covid-19 Sinovac perdana di Sumbar dilaksanakan, Kamis (14/1) di Aula Kantor Gubernur Sumbar, maka, Jumat (15/1) pencanangan vaksinasi akan dilaksanakan di Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

“Se-Indonesia vaksin ini tidak semua kabupaten kota dapat. Untuk Sumbar terpilih dua daerah, yaitu Kota Padang dan Pessel. Itu ditentukan oleh pemerintah pusat. Jadi untuk dua daerah itu, tahap pertama itu dihabiskan dulu 36.920 vaksin itu. Jadi nanti akan bertahap terus,” ungkap Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno mengungkapkan di Kota Padang, pencanangan vaksin dimulai Jumat (15/1) di Puskesmas Padang Pasir. Terkait sanksi, Irwan Prayitno juga menambahkan, hingga saat ini belum ada aturan pemerintah pusat yang memberikan sanksi bagi yang tidak bersedia divaksin.

Meskipun demikian, Irwan Prayitno tetap menghimbau masyarakat agar untuk tidak takut dan khawatir terhadap keamanan serta kehalalan vaksin Covid-19. “Yakinlah bahwa pemerintah tidak mungkin akan mencelakakan masyarakatnya,” ujarnya.

Baca Juga: Batal Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19, Ini Ungkapan Kekecewaan Gubernur Sumbar

Selain itu, orang nomor satu di Pemprov Sumbar itu meminta masyarakat untuk tidak terprovokasi isu negatif atau hoaks tentang vaksin yang selama ini banyak beredar. Pasalnya, mutu dan keamanan vaksin Covid-19 tidak perlu diragukan lagi karena sudah melalui fase uji klinis.

Terlebih lagi BPOM sudah mengeluarkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization) dan juga dari MUI sudah mengeluarkan Fatwa Nomor 2 Tahun 2021 terkait kehalalan dari vaksin Covid-19.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumbar, Arry Yuswandi mengatakan, tahap pertama ini, hanya Kota Padang dan Kabupaten Pessel dilaksanakan vaksinasi. Tahapan berikutnya baru dilaksanakan di kabupaten kota berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.