Sekitar 3000 IKM di Padang Terdampak Covid-19, Disnakerin Salurkan Bantuan Bahan Baku

oleh -
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang, Yunisman, menyerahkan bantuan bahan baku bagi pelaku IKM sulam benang di Kota Padang, Senin, 12 Oktober 2020

PADANG, SR–Pandemi Covid-19 berdampak cukup besar terhadap sekitar 3.000 industri kecil menengah (IKM) di Kota Padang. Dampak yang dirasakan pelaku IKM, terdapat pada segi pemasaran produk yang dihasilkan.

“Jumlah IKM di Kota Padang ini sekitar 3.000 pelaku IKM. Umumnya kena semua. Karena kondisi produk mereka jauh turun dari segi pemasaran, mereka akibat terdampak Covid-19,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang, Yunisman, saat menyerahkan bantuan bahan baku bagi pelaku IKM sulam benang di Kota Padang, Senin (12/10).

Bantuan bahan baku senilai Rp2,5 juta ini diserahkan kepada delapan kelompok IKM di Kota Padang. Tujuan penyerahan bantuan ini, untuk membangkitkan perkembangan usaha IKM di Kota Padang, yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pemprov Tak Berdaya Menertibkan, Truk Tonase Bikin Jalan di Sumbar Rusak

“Kita upayakan dukungan dan dorongan dalam bentuk bantuan barang baku, untuk kerajinan IKM. Kita ingin membantu proses usaha mereka. Hari ini bantuan yang kita serahkan berupa kebutuhan kerajinan, sulaman, benang mas dan lainnya,” ungkap Yunisman lagi.

Yunisman mengatakan, IKM yang dapat bantuan ini setelah dilakukan verifikasi dari data IKM yang terdampak Covid-19 di Kota Padang. Setelah penyerahan bantuan ini, ke depan bantuan ini akan bergulir terus, sesuai dengan produk yang dihasilkan IKM. “Yang penting usaha mereka tetap jalan, tidak boleh mundur dan harus menggeliat,” harapnya.

Yunisman mengungkapkan, pihaknya memilih bantuan berupa bahan baku produk, agar benar-benar bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan pengembangan produk. Karena kalau bantuan berupa uang tunai, dikuatirkan bantuan tersebut disalahgunakan untuk kepentingan lain.

Selain bantuan hari ini, sebelumnya pihaknya juga sudah menyerahkan bantuan bahan baku untuk sembilan IKM. Juga ada bantuan untuk lima kelompok IKM batik, 28 kelompok IKM rajutan. “Totalnya 50 IKM berbagai kerajinan yang kita bantu,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.