Selama 2 Hari, DLH Padang Targetkan 1.000 Unit Mobil Uji Emisi di Lokasi Ini

oleh -
DLH Kota Padang mengadakan uji emisi gas buang kendaraan bermotor roda empat, Rabu (13/10) di Taman Makam Pahlawan Lolong, Kota Padang.

PADANG, SR–Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mengadakan uji emisi gas buang kendaraan bermotor roda empat, Rabu (13/10) di Taman Makam Pahlawan Lolong, Kota Padang.

Selain di Taman Makam Pahlawan Lolong, uji emisi juga akan dilaksanakan di parkiran Bank Nagari, By Pass Padang, Kamis (14/10).

Pada uji emisi di Taman Makam Pahlawan Lolong, lebih 300 unit mobil terjaring. Kabid Penataan dan Penegakan Hukum Lingkungan DLH Kota Padang, Jasry Desriza menyampaikan, pihaknya menargetkan 1.000 unit mobil ditargetkan pada pemeriksaan uji emisi kali ini.

“Sebanyak 1.000 unit mobil target uji emisi selama dua hari ini,” ucapnya.

Baca Juga: Kepala BBPOM Padang Singgung Iklan Produk Obat Membodohi Masyarakat di Sejumlah Lembaga Penyiaran

Pada tahun 2020 lalu, uji emisi tidak dilakukan. Hal ini karena terjadinya refocusing anggaran untuk penanggulangan Covid-19. “Kegiatan ini rutin kita lakukan setiap tahunnya. Hanya di 2020 uji emisi ini tidak kita lakukan karena refocusing anggaran penanggulangan Covid-19,’ terangnya.

Mobil-mobil produksi tahun tinggi biasanya lulus dari uji emisi. Sedangkan tahun rendah, berpeluang tidak lulus dari uji emisi.

“Kendaraan tidak lulus emisi, kita sarankan service berkala di bengkel. Selama pemeriksaan ini, karena banyak mobil tahun tinggi yang diperiksa, tidak begitu banyak yang tidak lulus. Jika ada yang tidak lulus, biasanya mobil produksi tahun tua,” ungkapnya.

Uji emisi salah satu upaya pengujian untuk mengetahui kinerja mesin yang terdeteksi oleh monitor khusus. Upaya ini dilakukan untuk mengetahui tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin. Pengujian ini memiliki ketentuan khusus, untuk beberapa jenis kendaraan untuk lulus sesuai dengan kriterianya.

Kelulusan uji ini memberikan dampak yang baik bagi lingkungan maupun kesehatan kendaraan itu sendiri.(ktk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.