Selamat Jalan Selinaswati, Sosiolog yang Pernah jadi Jurnalis

oleh -2.206 views
Foto kenangan Almarhumah Seli Naswati, Dosen Jurusan Sosiologi UNP. Foto: IST

PADANG, SR–Kepergian Almarhumah Selinaswati, Alumni Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) tahun 1991, meninggalkan kesan yang cukup mendalam bagi seorang Dosen Jurusan Sosiologi FISIP Unand, Drs. Alfitri. MS.

Kesedihan Alfitri tersebut dituangkan dalam kisah komunikasi dan pertemuannya dengan Almarhumah, di laman facebook (FB) pribadinya Alfitri Sutan Nan Bungsu.

Kisah kedekatan Alftiri dengan Almarhumah yang dituangkan dalam bentuk cerita, ditulis cukup detail dengan mengingat memori yang cukup lama. Cerita di laman FB yang juga dilengkapi dengan memajang foto Almarhumah yang memakai baju wisuda, mendapat respon yang cukup positif dan kalimat ucapan belasungkawa oleh facebookers.

Selinaswati yang telah menamatkan gelar Ph.D-nya, dan terus berkiprah melanjutkan karir sebagai Dosen Jurusan Sosiologi di Universitas Negeri Padang (UNP), meninggal Minggu, (18/10). Almarhumah semasa hidupnya juga pernah berkiprah sebagai wartawati (jurnalis) di Koran Mimbar Minang. Selama menjadi kuli tinta, Almarhumah konsisten meliput dan mengangkat masalah-masalah kaum perempuan.

Baca Juga: Pastikan Kesiapan Penyambutan Kafilah MTQ Nasional, Irwan Prayitno Tinjau BIM

Berikut sekelumit cerita Alfitri tentang Almarhumah yang dituangkan di laman FB Alfitri Sutan Nan Bungsu berjudul “Selamat Jalan Seli Naswati”.

Suatu pagi di stasiun kereta api (KA) Ueno, Tokyo, Januari 2012 silam, saat itu musim dingin dengan bulir-bulir salju mulai turun. Saya bergegas naik KA Shinkansen menuju Sendai, 368 km, ke bagian utara Jepang. Ketika Shinkansen mulai melaju, saya tersadar bahwa syal yang tadinya saya pakai untuk melawan hawa dingin, tercecer di stasiun.

Waduh. Ini bukan syal biasa. Syal dengan logo Deakin University itu adalah kenang-kenangan yang dibeli, waktu berkunjung ke kampus tersebut di Melbourne, April tahun sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *