Setiap Tahun Capai 10.000 Ekor, Inilah 4 Jenis Penyu yang Masuk Rute Migrasi Perairan Laut di Sumbar

oleh -
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy, didampingi Kepala DKP Sumbar, Desniarti melepas 230 ekor tukik di Pulau Karabak Ketek Taman Perairan KKPD di Wilayah Pesisir, Kabupaten Pessel, Senin (23/5).

PADANG, SuaraRantau.Com–Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar) Audy Joinaldy, didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Desniarti melepas 230 ekor tukik (anak penyu) di Pulau Karabak Ketek Taman Perairan Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) di Wilayah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Senin (23/5).

Juga hadir pada kegiatan Memperingati Hari Penyu Sedunia itu, Staf UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

Terdapat tiga spesies tukik yang dirilis Audy yang datang ke Pulau Karabak Ketek dengan menggunakan Jetski dari KKPD Padang itu.

Ketiga jenis penyu tersebut adalah penyu sisik, penyu hijau dan penyu lekang. Penyu tersebut hasil penangkaran UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Sumbar, Instalasi KKPD Pessel di pulau tersebut.

Baca Juga: Ketua DPRD Sumbar Minta Gubernur Pecat Kepala Sekolah yang Melarang Siswa Ikut Ujian Hanya karena Hal Ini

Pada kesempatan itu, Audy menghimbau masyarakat untuk turut berkontribusi pelestarian penyu dengan mengusung tagline “Mari Selamatkan Penyu”. Caranya dengan tidak mengkonsumsi telur dan daging penyu, tidak memburu penyu, serta tidak memperdagangkan telur penyu dan penyu.

Dengan melestarikan penyu maka dapat menjaga keseimbangan ekosistem laut, guna meningkatkan sumberdaya kelautan dan perikanan serta meningkatkan kesejahteraan nelayan.

“Mewakili Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, kami mengucapkan Selamat Hari Penyu Sedunia. Mari kita semua untuk ikut menjaga dan melestarikan penyu agar anak dan cucu kita dapat menikmati keindahan alam serta melihat penyu di habitat alaminya,” ujarnya.

Usai melepas tukik, Audi bersama Kepala DKP Sumbar dan jajaran melaksanakan serangkaian kegiatan lain. Di antaranya membersihkan pantai habitat peneluran penyu yang ada di Pulau Karabak Ketek dengan mengumpulkan sampah-sampah plastik serta sampah lainnya yang terdampar di pulau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.