Sikapi Tragedi Wamena, Gubernur Imbau Masyarakat Sumbar Jaga Kerukunan

oleh -
 Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno

PADANG, SR–Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengingatkan masyarakat Minang baik di ranah maupun di rantau, untuk tetap menjaga kerukunan dalam menyikapi tragedi yang menimpa Perantau Minang di Wamena. 

“Sebaiknya masyarakat fokus untuk membantu perantau yang menjadi pegungsi di Wamena saat ini,” imbau Irwan Prayitno, usai menghubungi Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit yang berada di Wamena, Provinsi Papua, Sabtu (28/9).
 

Tidak dipungkiri, banyak Perantau Minang yang banyak menjadi korban kerusuhan di Wamena, Papua. Imbauan Irwan Prayitno ini terkait bahasa-bahasa yang beredar di masyarakat, terutama media sosial. Jangan sampai kata-kata memancing emosi yang justru memperkeruh keadaan. “Saya harap masyarakat jangan menyebabkan pancingan-pancingan. Terutama bahasa-bahasa yang memancing emosi,”sebut Irwan.
 

Dikatakan Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit diutus langsung ke Wamena, untuk memastikan kondisi sebenarnya Perantau Minang yang ada di sana. Kehadiran Nasrul Abit juga membawa bantuan untuk Perantau Minang di pengungsian sebesar Rp200 juta. Nasrul Abit berangkat ke Provinsi Papua bersama Kepala Biro Kerjasama Rantau dan Administrasi Pembangunan, Luhur Budianda, Kepala Biro Bina Mental Syaifullah, Kepala Dinas Sosial Jumaidi sudah berada di Papua.
 

Berdasarkan informasi yang diterima dari Nasrul Abit, Irwan Prayitno mengungkapkan, saat ini Pemprov Sumbar lebih fokus mendata Perantau Minang yang mau pulang dan ingin bertahan di Wamena. “Jadi ada yang ingin pulang, ada yang sebagian ingin bertahan. Jadi kita data terlebih dahulu. Kemudian sekarang mereka diminta berada di pengungsian terlebih dahulu biar aman. Kalau ingin pulang kita bantu fasilitasi,” ujar Irwan Prayitno.
 

Saat ini, di Provinsi Papua, ada sekitar 1200 warga yang mengungsi di Bandara Sentani. Dari jumlah tersebut, ada 330 pengungsi yang merupakan Perantau Minang. Sementara, di Wamena sendiri, ada ribuan pengungsi sekarang. Termasuk juga ada pengungsi ke Jayapura, yang kondisinya relative aman.
 

Diungkapkannya, saat ini Nasrul Abit sudah bertemu dengan Danrem di Papua dan sudah mendapat informasi dan laporan kronologis kondisi di sana. Nasrul Abit juga ingin bertemu langsung dengan Gubernur Papua. Irwan Prayitno mengungkapkan, kondisi sudah mulai kondusif di Wamena.
 

Saat ini, Pemprov Sumbar sudah mengumpulkan biaya untuk membantu perantau tersebut dan sudah menyebarkan nomor rekening untuk membantu. Selain itu, katanya, sejumlah organisasi perantau juga sudah menggalang dana. Salah satunya Gebu Minang juga sudah menggalang dana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.