Simak, Ini Cara Membuat Tahu Ala Rumahan yang Tidak Mudah Hancur

oleh -
Bahan makanan tahu. [freepik.com]

SuaraRantau.com – Tahu menjadi makanan favorit masyarakat di Indonesia, apalagi tahu merupakan bahan yang dapat diolah menhadi bernagai masakan. Banyak majkanan lezat yang terbuat dari bahan tahu dengan dutambahkan beberapa bumbu dapur.

Selain itu, tahu mempunyai kandungan gizi yang baik dan harga yang ekonomis sehingga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan.

Baca Juga: Berada di PPKM Level 3, Padang Terus Kebut Capaian Vaksinasi

Dikutip dari buku Resep Makanan Rumahan Ala Dapur Isna karya Isna Sutanto (2017).

Berikut  cara membuat tahu ala rumahan yang tidak mudah hancur.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Anda perlu menyiapkan alat dan bahan untuk membuat tahu, seperti kacang kedelai, saringan, kain tipis, wadah, blender, dan lain sebagainya yang dibutuhkan selama proses pembuatan tahu.

2. Rendam Kacang Kedelai

Sebelum diolah menjadi tahu, kacang kedelai harus direndam selama 12 jam dengan menggunakan air hangat terlebih dulu hingga kacang mengembang dan juga memutih. Tujuannya adalah agar kacang kedelai memiliki tekstur yang lunak dan gampang diolah.

3. Haluskan Kacang Kedelai dan Saring Sari

Setelah direndam, buang air rendaman dan cuci kacang kedelai hingga bersih. Kemudian masukkan ke blender untuk dihaluskan. Pastikan agar kacang kedelai sudah benar-benar halus agar sarinya nanti bisa tersaring dengan sempurna. Lalu siapkan kain dan saring kacang kedelai hingga benar-benar kering.

4. Masak Sari Kedelai

Masak sari kedelai hingga mendidih dan tunggu hingga uap panas menghilang. Setelah itu, masukkan cuka salad atau bisa diganti dengan air perasan jeruk lemon. Aduk hingga merata.

5. Cetak Adonan Tahu

Cetak adonan tahu yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Tunggu selama 40 menit atau hingga adonan tahu mengeras dan potong menjadi ukuran yang lebih kecil. [imk]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.