Siswa SMAN 2 Padang Ukir Prestasi pada Ajang KOSN

oleh -
Siswa SMAN 2 Padang saat melakukan pengambilan gambar untuk mengikuti KOSN cabang olahraga karate. IST.

PADANG, SR–SMAN 2 Padang meraih medali perunggu cabang olahraga (cabor) karate dalam Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tahun 2021 yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), 20 hingga 26 September 2021 lalu.

“KOSN dilaksanakan Kemendikbud secara daring. Kebetulan di sekolah kita ada ekstrakurikuler yang aktif cabang olahraga karate, silat, bulutangkis, basket, sepakbola. Dua tahun terakhir ini yang intens latihannya silat dan karate yang difasilitasi oleh pemerintah pusat. Prestasi juga diraih dari dua cabang olahraga tersebut,” ujar guru Olahraga SMA N 2 Padang, Martinel, Senin, (4/10).

Ia menyebutkan SMAN 2 Padang, sudah punya dua atlet cabor karate dan satu atlet cabor silat. Sebelumnya, untuk cabor silat pihaknya berhasil meraih peringkat pertama untuk provinsi dan kemudian lanjut mengikuti ajang nasional.

Baca Juga: Andre Rosiade Lepas Atlet Forki Sumbar Menuju PON ke-XX di Papua, Inilah Bonus untuk Atlet Peraih Medali

“Cabor silat, siswa kita ini peringkat satu di provinsi atas nama Sherly. Dua atlet lagi dari cabor karate berhasil juga menuju nasional. Ketiga siswa kita ini peringkat satu di provinsi. Dari tiga siswa itu kita kirim tingkat nasional, satu di antaranya berhasil memperoleh medali perunggu dari 74 siswa se-Indonesia,” ujarnya.

Siswa yang berhasil meraih medali perunggu cabang olahraga karate tersebut atas nama Anisa Fitri. Untuk cabor karate dan silat tambahnya, penilaian berula peragaan gerak atau kata. Siswa hanya melakukan peragaan gerak secara virtual dengan video yang dikirim kepada panitia. Kemudian dinilai oleh wasit-wasit berlisensi nasional dari pusat prestasi nasional.

“Siswa dengan teknik peragaan gerak yang sesuai akan mendapat nilai bagus, itulah yang menang. Sebenarnya KOSN sudah bergulir dari bulan Juli. Pemenangnya ditentukan Agustus untuk tingkat provinsi, dan selanjutnya tingkat nasional dilaksanakan secara daring dengan penilaian secara live,” tutup Martinel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.