Tahapan Pilkada Padang Diluncurkan, Pj Wali Kota Ingatkan Camat dan Lurah jangan Bikin KPU Kecewa

oleh -
KPU Kota Padang meluncurkan tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Tahun 2024, Senin malam (11/6) di salah satu hotel di Kota Padang. Foto: Juliandra

PADANG, SuaraRantau.Com–KPU Kota Padang meluncurkan tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Tahun 2024, Senin malam (11/6) di salah satu hotel di Kota Padang.

Ketua KPU Padang, Dorri Putra mengatakan, pada 27 November 2024 nanti dilaksanakan pemungutan dan perhitungan suara pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang.

Jika dihitung mundur harinya, maka tinggal 171 hari jelang pemungutan. “Jika dihitung mundur lagi, tinggal 108 hari masa kampanye, dan 104 penetapan pasangan calon yang akan berkonstestasi,” ungkap Dorri.

Terkait hitung mundur jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) ini, sebagai pengingat KPU Kota Padang untuk lebih mempersiapkan diri lagi menghadapi pilkada.

Dalam persiapan, KPU Kota Padang bersama Bawaslu telah membentuk badan adhoc tingkat kecamatan dan kelurahan. Di mana KPU telah siapkan petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 11 kecamatan, kemudian 313 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 104 kelurahan yang juga didukung 3 tenaga sekretariat dari Pemko Padang,” ucap Dori lagi.

Baca Juga: BNPB Bakal Pasang Alat Peringatan Dini Terintegrasi di Gunung Marapi, Begini Respon Gubernur Sumbar

Selanjutnya, pada 13 Juni 2024 akan dilakukan perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk mencocokkan dan meneliti data pemilih (coklit). “Ada sebanyak 2.854 Pantarlih yang akan kami rekrut yang akan membantu KPU dalam proses coklit nanti,” ungkap Dorri.

Dorri menambahkan, pada 27 Agustus 2024 nanti KPU Padang akan membuka pengumuman tahapan pendaftaran pasangan calon (paslon), Penetapan paslon 22 September 2024. Sedangkan masa kampanye berlangsung dua bulan, 25 September sampai 22 November 2024.

“Pada hari H 27 November dilaksanakan pemungutan suara dan perhitungan suara. Harapan silahkan masyarakat datang ke TPS gunakan hak pilih pilih, pilihlah sesuai hati nurani. Ajak keluarga ke TPS. Peningkatan partisipasi pemilih akan membuat Pilkada Padang berintegritas,” tegasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar mengatakan mengatakan, pilkada digelar Rabu, 27 November 2024. Pemko Padang mendukung untuk sukseskan Pilkada yang aman damai dan lancar. “Mulai dari forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pers siap mendukung suasana pilkada yang ceria tidak baper-baperan,” tegasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.