Televisi dari Masa ke Masa

oleh -28 views
Suprapti Ariandayani

Apa yang ada dalam ingatan kita ketika mendengar kata “televisi”? Saat ini, hampir tidak ada rumah yang tidak memiliki televisi. Televisi yang mempunyai beragam fungsi seperti sebagai sumber informasi, pengetahuan, pendidikan, dan hiburan, dari masa ke masa tentunya juga mengalami perubahan. Baik dari segi bentuk, materi yang disajikan maupun teknologinya.

Oleh: Suprapti Ariandayani

Pada awalnya televisi memiliki bentuk yang besar, memakai daya yang cukup besar dan harganya juga relatif sangat mahal. Selanjutnya ada TV hitam putih, berwarna. Dilanjutkan dengan TV Plasma, TV LCD, TV LED dan yang terakhir adalah 3DTV. Teknologi 3DTV memiliki tampilan yang tidak hanya bagus, tapi juga membuat tampilannya seperti benar-benar nyata.

Satelit Siaran Televisi (SSL) atau DBS (Direct Broadcast satellite) merupakan layanan yang memanfaatkan satelit untuk menayangkan berbagai macam channel/ program TV. Dalam kehidupan sehari-hari kita menyebutnya dengan siaran TV berbayar atau berlangganan.

Baca Juga: Diawali Presiden Jokowi, Vaksinasi Covid-19 Gratis Resmi Dimulai di Indonesia

Berdasarkan layanannya TV dibagi menjadi dua, yaitu TV gratis dan TV berbayar atau berlangganan. Bahkan sekarang ini, banyak masyarakat yang beralih menggunakan TV berbayar. Hal ini dikarenakan TV berbayar memiliki lebih banyak alternatif siaran, gambar maupun suara yang ditampilkan jauh lebih berkualitas.

TV berbayar memiliki gambar dan suara yang lebih berkualitas karena menggunakan sistem digital. Perusahaan yang berkiprah dalam TV berbayar seperti Indovision, Transvision, MNC Sky Vision dan lain sebagainya.

Dahulu, televisi adalah benda yang sangat mahal bagi masyarakat, dengan teknologi yang ada pada waktu itu televisi merupakan sumber yang sangat dipercaya untuk mendapatkan informasi (dibaca : berita). Pada waktu itu, informasi atau berita yang disampaikan oleh televisi adalah sesuatu yang benar dan selalu ditunggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *