Tenaga Jasa Konstruksi di Indonesia Capai 8 Juta Orang, Namun yang Punya Sertifikat di Bawah 10 Persen

oleh -
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy di Padang, Senin, (18/10), saat membuka Sosialisasi dan Peluncuran Program Kelas Industri PUPR kerjasama Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah 1 Kementerian PUPR.

PADANG, SR–Sejumlah siswa SMK dari jurusan yang berkaitan dengan jasa konstruksi di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti Program Kelas Industri PUPR yang diselenggarakan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Kementerian PUPR dan Dinas Pendidikan Sumbar.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas calon lulusan agar saat lulus bisa langsung di terima dunia kerja.

“Upaya untuk membangun sumber daya manusia (SDM) calon pekerja sertor konstruksi harus dilakukan sejak dini di tingkat SMK. Agar memiliki kompetensi dan lulus sertifikasi sehingga nantinya bisa langsung di serap dunia kerja,” kata Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy di Padang, Senin, (18/10), saat membuka Sosialisasi dan Peluncuran Program Kelas Industri PUPR kerjasama Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah 1 Kementerian PUPR.

Program Kelas Industri ini mengusung tema “Transformasi Pendidikan Vokasi Mewujudkan SMK Bisa, SMK Hebat”.

Audy Joinaldy mengatakan, sektor jasa konstruksi adalah hal dinamis yang selalu berkembang. Hal ini terlihat dari berbagai inovasi yang hadir. Karena itu dunia akademik terutama SMK harus bisa menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan tersebut.

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini Senin, 18 Oktober Relatif Stabil, Harga Emas Lokal Turun

Ia menyebut selama ini sebagian pihak lebih menyukai pembangunan yang bersifat fisik dan melupakan pembangunan dari segi SDM. Padahal itu aset yang mahal, karena tanpa SDM yang kuat pembangunan fisik akan terhambat.

Menurutnya faktor kesuksesan orang 85 persen adalah dari soft skill. Sehingga anak-anak SMK tidak hanya harus mampu secara hard skill tapi juga memiliki keahlian soft skill.

Hal itu sejalan upaya untuk memperkecil angka pengangguran di Sumbar yang mencapai 6,67 persen. Audy Joinaldy yakin peningkatan mutu pendidikan vokasi adalah salah satu kunci menurunkan angka penganggur itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.