Ternyata 75% Gen Z Senang Pakai Produk Olahraga Lokal, Berikut Merek yang Paling Banyak Digemari

oleh -
Memeriahkan Hari Pendidikan Nasional, UNP melaksanakan jalan sehat Merdeka Belajar, Minggu (14/5). Foto: Dokumentas Humas UNP

PADANG, SuaraRantau.Com–Tidak hanya terkait aktivitas fisik, pakaian yang dikenakan, aplikasi penunjang yang digunakan, hingga komunitas yang diikuti kini menjadi bahasan saat berolahraga.

Jakpat mengadakan survei untuk mengetahui preferensi pakaian olahraga dan kebiasaan pasca-olahraga. Laporan yang melibatkan 3.934 responden Gen Z dan Milenial ini juga membahas tentang penggunaan aplikasi olahraga dan partisipasi dalam komunitas olahraga.

Memilih Pakaian Olahraga

Survei Jakpat menemukan enam dari 10 orang menganggap pakaian olahraga penting. Beberapa apparel olahraga yang dianggap penting untuk digunakan adalah sepatu (86%), kaos kaki (48%), celana pendek (38%), jersey (34%), dan legging (33%). Lima barang ini juga cenderung dimiliki sebagian besar responden.

Baca Juga: Sebanyak 761 Mahasiswa Universitas Baiturrahmah Ikuti KKN ke Pesisir Selatan dan Tanah Datar

Ada sejumlah pertimbangan dalam membeli pakaian olahraga. Harga terjangkau alasan utama para responden dalam memilih pakaian olahraga yang ingin dibeli (67%). Pertimbangan lain kualitas (60%) dan ketersediaan pakaian olahraga (34%), baik secara online maupun di toko.

Produk Lokal Lebih Disenangi

Produk lokal ternyata makin diminati. Tiga dari empat responden mengaku menggunakan pakaian olahraga lokal. Sejumlah jenama domestik yang disukai adalah Specs (15%), Mills (7%), dan Eiger (5%).

“Dengan apresiasi terhadap produk dalam negeri, konsumen saat ini lebih menyukai brand sports apparel lokal seperti Specs, Eiger, dan Mills. Hal ini mengindikasikan merek lokal mampu memenuhi kebutuhan dengan harga yang terjangkau, namun tetap mempertahankan kualitas yang bersaing,” ujar Lead Researcher Jakpat, Farida Hasna.

Meski demikian, 46% responden juga senang dengan produk olahraga internasional. Beberapa merek yang disenangi adalah Nike (47%), Adidas (34%), dan Puma (6%).

Gabung Komunitas dan Ikuti Influencer Lokal

Sebanyak 18% responden bergabung dengan komunitas olahraga. Ada berbagai alasan mereka mengikuti komunitas olahraga, seperti menambah jaringan (48%), bertukar informasi seputar olahraga (48%), hingga sebagai motivasi untuk berolahraga (47%).

No More Posts Available.

No more pages to load.