Tingkatkan Ketahanan Pangan Keluarga, Gubernur Sumbar Canangkan 40 Nagari KRPL

oleh -
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat Pencanangan 40 Nagari KRPL Diversifikasi Pangan Provinsi Sumbar Tahun 2021 di Kota Padang Panjang, Kamis, (27/5).

Optimalisasi lahan pekarangan melalui KRPL adalah upaya dalam penyediaan pangan. Terutama untuk konsumsi pangan, sehingga dapat meningkatkan gizi keluarga petani itu sendiri.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumbar, Efendi menyampaikan, pola KRPL merupakan aktualisasi pemanfaatan lahan pekarangan secara optimal, dengan maksimalisasi produktivitas lahan lain di lingkungannya, untuk pengembangan pangan beraneka ragam tiap rumah tangga dalam wilayah desa / dusun / kampung.

Tujuannya, menumbuhkembangkan KRPL untuk meningkatkan popularitas, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga, sesuai kebutuhan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman. Serta dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pangan yang berorientasi pasar.

“Dengan KPRL ini, diharapkan kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta mengembangkan ekonomi produktif dapat terpenuhi. Selain itu KPRL ini dapat menciptakan lingkungan hijau, bersih dan sehat dari pekarangan rumah keluarga,” kata Efendi.(bob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.