Turis Muslim Asal Cina di Mesjid Raya, Zhu: Maafkan Kami, Umat Muslim itu Bersaudara

oleh -
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama 15 Turis Muslim Asal Cina di Mesjid Raya Sumbar. Foto: IST

PADANG, SR–Suara azan zuhur berkumandang di Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar), Zhu Pengjie (43) terlihat tenang mengambil wudhu. Lalu dia bergegas bersama rekannya menaiki lantai dua dan langsung menunaikan shalat sunat Tahiyatul Masjid.

Zhu terlihat menikmati berada di Masjid Raya Sumbar. Dirinya langsung menyesuaikan diri, yang perempuan mengambil tempat di jamaah perempuan, begitu juga untuk yang laki-laki. “Assalamualaikum. Kami seperti berada di rumah sendiri, apalagi mendengarkan azan dikumandangkan lepas ke udara,” sebut Zhu yang diartikan transletter, Robin, Rabu (29/1) usai shalat.

Zhu Pengjie adalah salah satu dari 15 turis muslim asal Kunming, Provinsi Yunnan, Cina datang berkunjung ke Sumbar. Sebanyak 15 orang ini datang bersama 155 turis asal China sejak Minggu 26 Januari 2020.

Baca Juga: Kehadiran Turis asal Cina Tuai Polemik, Ini Jawaban Pemprov Sumbar

Zhu tidak sendiri, bersama rombongan wisata ini Zhu membawa keluargnya. Termasuk anak perempuannya yang masih berumur sekitar 2 tahun. Anaknya juga ikut shalat di Masjid Raya Sumbar.

Di sana juga ada Ma Xing (38), keluarga Zhu yang satu keluarga muslimnya di Kunming. Rasa haru jelas terlihat di wajah mereka. Apalagi usai shalat mereka kebetulan bertemu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Selain shalat zuhur di Masjid Raya, mereka juga menyampaikan permintaan maaf. Karena kehadiran mereka menyebabkan keresahan di Sumbar. Diakuinya, mereka sangat paham dengan kekawatiran tersebut. “Kami paham kondisi ini. Kami mohon maaf sebutnya,” jawabnya.

Rombongan ini juga menyampaikan terimakasih sudah mendapatkan kesempatan shalat di Masjid Raya Sumbar. Bahkan, kedekatan yang mereka dapatkan membuat mereka seolah berada di rumah sendiri.

Dengan keramahan yang mereka dapatkan, keluarga ini menyatakan mengundang Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dan saudara muslim yang ada di Sumbar untuk berkunjung ke Kunming. “Umat muslim bersaudara, kita semua keluarga. Kami mengundang bapak-bapak ke Kunming,” ujarnya, sembari disambut senyum semua rombongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.