Usulkan Tutup Sementara BIM, Pemprov Sumbar Kirim Surat ke Kemenhub

oleh -
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit

PADANG,  SR–Pemprov Sumbar akan mengirimkan surat ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengusulkan penutup sementara seluruh rute penerbangan menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Upaya ini merupakan salah satu langkah Pemprov Sumbar untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di Provinsi Sumbar.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, mengatakan, surat yang ditujukan ke Kemenhub tersebut sedang disiapkan. Usulan penutupan seluruh rute penerbangan menuju BIM ini disampaikan karena sekarang ini, masih ada eksodus penumpang dari Jakarta dan daerah lainnya. “Hari ini, dengan Pak Gubernur, kita sepakat buat surat ke Kementerian Perhubungan. Kalau bisa ini penerbangan di stop dulu. Karena eksodusnya luar biasa,”kata Nasrul Abit, Selasa (24/3).

Menurut Nasrul Abit, Pemprov Sumbar menilai DKI Jakarta saat ini sudah merupakan salah satu tempat yang terdapat banyak kasus positif Covid-19. Tentu, jangan pula dari daerah yang terkena virus ini masuk ke daerah yang masih aman.

Baca Juga: Antisipasi Corona, Gubernur Imbau Perantau jangan Pulang Kampung Dulu

“Itu harapan kita. Tadi, kita sudah minta Pak Sekda buat surat ke Kemenhub. Karena, otoritasnya ada di sana. Kalau keinginan kita begitu (stop seluruh penerbangan). Mudah-mudahan bisa dikabulkan. Lockdown tidak, kalau lockdown kan di rumah itu. Pesawat dulu, karena banyak penumpang yang dari luar kan dari daerah-daerah yang terjangkit itu,” ujar Nasrul Abit.

Perbatasan Dikawal Ketat

Nasrul Abit juga menambahkan, selain mengupayakan penutupan sementara waktu akses masuk ke Sumbar melalui jalur udara, Pemprov Sumbar juga sudah mengupayakan memperketat akses masuk jalur darat.  Seluruh pintu masuk di wilayah perbatasan diawasi dan dijaga ketat. Seluruh bupati dan walikota yang wilayahnya berbatasan dengan provinsi lain, supaya melakukan pemeriksaan ketat di jalur darat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.