Wamenkes RI: Masyarakat Indonesia Belanjakan Uang Rp100 Triliun untuk Berobat ke Luar Negeri

oleh -
Wamenkes RI dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D menyempatkan diri memberikan vaksinasi kepada seorang warga di RSUP M Djamil Padang

PADANG, SR–Wakil Menteri Kesehatan RI (Wamenkes RI), dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D kunjungan kerja ke RSUP .DR. M. Djamil Padang, Selasa (6/4). Dalam kesempatan tersebut dr Dante mendorong RSUP DR. M Djamil menjadi rumah sakit unggulan di Indonesia.

“Saya telah mendengar paparan dari Direktur Utama RSUP DR M Djamil Padang, bagaimana pengembangan, perencanaan dan layanan unggulan dan kondisi rumah sakit ini. Sekedar diketahui Rp100 triliun per tahun masyarakat Indonesia membelanjakan uangnya untuk berobat keluar negeri,” ucap dr Dante, di RSUP DR M Djamil Padang.

Lebih lanjut, dr dante menjelaskan juga, dengan jumlah 79 rumah sakit yang ada di Provinsi Sumbar akan menjadi kekuatan yang besar jika mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Baca Juga: Mengadu ke Wapres RI, Inilah 5 Pasar Rakyat di Sumbar yang Diusulkan Gubernur untuk Direvitalisasi

“Jika Kepala Dinas Kesehatan Sumbar bisa membangun menjadi sebuah kekuatan besar, niscaya pasien-pasien yang biasa berobat ke luar negeri, akan beralih berobat di dalam negeri. Termasuk pasien di ibukota. Kuncinya memberikan kepercayaan masyarakat. Salah satunya harga obat yang terjangkau, dan lebih murah dari Malaka, Malaysia,” tambahnya.

Menurutnya, dengan 800 tempat tidur pasien yang ada di RSUP DR M Djamil Padang, untuk membangun kepercayaan tersebut, berapa nyawa yang telah terselamatkan dari jumlah tempat tidur tersebut.

“Sebagai rumah sakit vertikal, RSUP M Djamil harus mengetahui berapa orang pasien yang terselamatkan dari 800 jumlah tempat tidur yang ada. Di situ, merupakan cara mengukur kepercayaan masyarakat,” tutupnya.(ktk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *