Wawako Padang Masih Tanda Tanya, Jika Pilihan dari Luar Partai, Pengamat: Sosok Militer Lebih Cocok

oleh -
Ilustrasi Siapa Calon Wawako Padang. [ist]

PADANG, SR – Pendamping Hendri Septa Wali Kota Padang sisa jabatan 2019-2024 untuk mendampingi sebagai Wakil Walikota masih tanda tanya.

Sebelumnya sempat digadang-gadsng DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Padang merekomendasikan Amril Amim dan Ekos Albar. Sedangkan, DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Padang, Mulyadi Muslim dan Muharlion.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Tak Halangi Yuke Miliki Dua Cabang Kuliner ‘Booth Kitapunya’ di Padang

Tetapi hingga kini belum jelas diantara beberapa nama yang direkomendasikan itu bakal menduduki BA 2 A.

“Siapa calon posisi Wawako Padang itu tergantung keputusan dari kedua partai pangusung, PAN dan PKS,” ujar Pengamat Politik dari Universitas Andalas Dr. Asrinaldi, S.Sos., M.Si, Rabu (22/9).

Dijelaskan Asrinaldi, selain kader politik yang diputuskan partai, tetapi calon juga dapat diusulkan berada dari luar partai asal itupun didukung kedua partai pengusung tersebut.

“Tak hanya dari partai politik saja. Tetapi bisa juga dari belatar belakang lain luar partai, seperti akademisi atau unsur militer,” tuturnya.

Dikatakan Asrinaldi, di luar partai untuk menjadi Wakil Walikota lebih cocok mendampingi Hendri lebih baik sosok militer menuntaskan masa jabatan.

“Jadi sosok dengan latar belakang militer dari pengamatan saya, sangat cocok dampingi Hendri di akhir jabatannya, karena sosok berlatarbelakang militer sangat di segani masyarakat Sumbar, khususnya Kota Padang,” tambahnya.

Sebelumnya, Walikota Padang Hendri Septa menjelaskan posisi Wawako sepenuhnya diserahkan sepenuhnya kepada partai.

“Untuk mengisi kekosongan posisi Wawako Padang kita serahkan semuanya kepada partai,” ucapnya setelah mengikuti sidang Paripurna di DPRD Kota Padang yang membahas tentang Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi Tentang APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 di Gedung DPRD Padang.

Kota Padang pernah dipimpin Wali Kota yang berlatarbelakang militer, seperti Fauzi Bahar terakhir berpangkat Letkol, ia memimpin Kota Padang selama dua periode, yakni tahun 2004 – 2009 dan 2009 – 2014. (ktk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.